Minggu, 18 September 2011 di 03.45 |  
Batterei CMOS atau biasa juga disebut dengan “CMOS RAM” merupakan sebuah batterei yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Di setiap motherboard,terdapat satu batterei CMOS yang terpasang ditempatnya. Dengan ciri cirinya berbentuk bulat pipih, sama seperti batterei yang digunakan pada jam tangan. Adapun singkatan dari CMOS adalah “Complementary Metal Oxide Semiconductor”.
Jika motherboard anda tidak terpasangi oleh batterei CMOS,maka pesan error akan tampak disaat booting computer,dan jika komputer tetap dipaksa berjalan tanpa menggunakan batterei CMOS,maka Computer tersebut akan beroperasi menggunakan BIOS “default setting”

Berikut fungsi utama dari Batterei CMOS

1. Digunakan Untuk menyimpan waktu pada Computer (time setting).

2. Untuk menyimpan setting BIOS.

Biasanya batterei CMOS akan lemah setelah digunakan selama kurang lebih 5 tahun. Dan jika anda berniat mengganti batterai CMOS karena anda rasa sudah patut untuk diganti,anda dapat mendapatkan batterei CMOS pada toko jam atau bengkel jam atau toko Komputer terdekat .
Diposting oleh Haris C_24

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates